Home Opini Siapa Saja Bacabup Pilkada Bojonegoro 2018, Yang Sudah Berani Muncul? Oleh: Sukisno

Siapa Saja Bacabup Pilkada Bojonegoro 2018, Yang Sudah Berani Muncul? Oleh: Sukisno

4858
SHARE

Pemilihan Umum Kepala daerah (Pilkada) Bojonegoro, untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati bakal dihelat 2018 mendatang. Pilkada untuk memilih Bupati-Wakil Bupati Periode 2018-2023, rencananya bakal digelar Juni 2018 mendatang.

Hal itu, seperti yang disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro Abdim Munif. Jika Pilkada Bojonegoro dipastikan baru akan digelar pada bulan Juni Tahun 2018 mendatang. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah Serentak, baik untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakilnya, maupun untuk Bupati dan wakilnya serta Wali Kota serta wakilnya.

Kalau dihitung, di bulan Juni 2016 ini, Pilkada jaraknya masih 2 (dua) tahun lagi. Akan tetapi, sudah banyak bakal calon bupati (bacabup) yang muncul. Bacabup yang paling awal berani bicara secara blak-blak’an mau mencalonkan bupati adalah Bambang Laras Puji Satoto alias Bimbing.

Bacabup Bimbing sudah angkat bicara jika dia bakal mencalonkan bupati Bojonegoro lewat jalur independen. Pria yang menjabat sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mliwis Putih Bojonegoro itu, sudah memasang puluhan benner yang dipasang ditempat-tempat strategis di 28 kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Setelah itu, menyusul Akmal Budianto yang sudah blusukan ke beberapa wilayah kecamatan di Bojonegoro untuk memperkenalkan diri sebagai bacabup Bojonegoro dalam pilkada 2018 mendatang. Pak Akmal, demikian biasa disapa, dia sudah blusukan ke acara pengajian dan sedekah bumi serta kegiatan lain yang sedang di gelar di desa-desa yang ada di Kota Ledre itu.

Akmal Budianto yang pernah menjabat di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro itu, memiliki jaringan yang luas di Bojonegoro. Para PNS (Pegaewai Negeri sipil) Pemkab Bojonegoro, yang sudah tua-tua, hafal betul dengan Pak Akmal. Kecuali, PNS yang baru, karena Pak Akmal di era Bupati Atlan (alm) sudah mutasi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Berita Terkait  Khutbah Idul Fitri Masjid Besar Baiturrohman Baureno, Hadirkan KH Abu Faisal dari Rembang, Jateng

Keseriusan Akmal sudah nampak dengan mendanai orang-orangnya untuk membuat kegiatan warung kopi (warkop) yang fungsinya untuk memudahkan mengumpulkan orang-orangnya untuk berkumpul dan berkomunikasi. Kabarnya, bacabup yang satu ini juga sudah mendirikan sebuah media massa yang dipegang oleh salah seorang keluarganya dan orang-orang terdekatnya. Yang pasti, semua itu untuk mendukung pemenangannya.

Berikutnya, menyusul Brigjen TNI Wardiyono atau yang akrab disapa Mas Biyon. Seorang jendral bintang satu itu, pada acara silaturahmi dengan Pepabri yang ada di Jl. Diponegoro Bojonegoro, sudah secara terang-terangan menyatakan jika dirinya siap mencalonkan sebagai bacabup Bojonegoro pada Pilkada 2018 mendatang.

Pria asli Putra Desa Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro itu, bertekad mencalonkan bupati denga satu tujuan untuk mengabdikan dirinya ke daerahnya yaitu Kabupaten Bojonegoro tersebut. Caranya adalah dengan mencalonkan sebagai bupati Bojonegoro. Sebab, dengan menjadi bupati maka dirinya bisa menjadi pemimpin sehingga bisa menjadi penentu arah pembangunan Bojonegoro selama 5 (lima) tahun dalam kepemimpinannya itu.

Sama dengan Akmal Budianto, Mas Biyon juga sudah melakukan blusukan ke desa-desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Mas Biyon mengunjungi Ponpes As-Syifa’ Darussalam Mojoranu, Kecamatan Dander, Bojonegoro, untuk melihat kegiatan Bhakti sosial (Bhaksos) Pengobatan gratis yang dihadiri ratusan pasien yang berasal dari desa sekitar.

Tidak hanya itu, Mas Biyon melalui YA SMPP Bojonegoro, juga membantu pembangunan sumur bor dan tendon air untuk masyarakat Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro. Dusun Jepang yang menjadi tempat pemukiman Suku Samin itu, dibantu kesulitan akan air bersih melaui Ketua adat Mbah Harjo Kardi.

Setelah Mas Biyon, menyusul Bacabup Gatot Agung Dwi Santoso yang sudah blusukan ke desa-desa dan melakukan sosialisasi untuk mencalonkan sebagai bupati Bojonegoro. Pak Agung, demikian biasa disapa, sudah bersafari ke desa-desa saat ada acara sedekah bumi, pengajian atau berbagai kegiatan yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro itu.

Berita Terkait  Sekretariat Pilkades Desa Sranak Sepi. Ketua Panitia dan Anggota Tak Ada

Berarti, jelang 2 (dua) tahun Pilkada Bojonegoro sudah ada 4 (empat) bacabup yang sudah bergerak untuk bersosialisasi. Empat calon tersebut seperti yang telah diuraikan penulis di atas, yakni, Bambang Laras Puji Satoto alias Bimbing, Akmal Budianto, Brigjen Wardiyono dan Gatot Agung Dwi Santoso.

Sementara itu, Bacabup Bojonegoro yang sudah terlihat akan mencalonkan tapi belum bergerak diantaranya, Setyo Hartono (Wakil Bupati Bojonegoro), Hj. Mitro’atin (Ketua DPRD Bojonegoro), Ana Muawanah (Anggota DPR RI F-PKB) yang berasal dari Senori, Tuban.

Selain itu, beredar nama Soehadi Moeljono (Sekda Bojonegoro), dr Cholid Ubet (Ketua PC NU Bojonegoro), Hanafi (Kepala Disdik Bojonegoro), Wihadi (Anggota DPR RI F-Gerindra), Sukur Prianto (Wakil Ketua DPRD Bojonegoro). Juga masih ada bacabup lain, yang kabarnya belum berani muncul atau yang sering disebut “Jago Pendeman”.

Singkat kata, Pilkada Bojonegoro bakal meriah dengan banyaknya muncul bacabup. Baik yang putra daerah, maupun bukan putra daerah, yang mereka bakal ikut berlaga dalam pesta demokrasi tingkat kabupaten tersebut. Siapapun mencalonkan atau dicalonkan sebagai bupati, itu sah-sah saja. Sebagai bagian masyarakat Bojonegoro, penulis ingin, Kabupaten Bojonegoro ke depan dipimpin seorang bupati yang betul-betul tulus ingin membangun Kota minyak ini, bukan mengedepankan kepentingan pribadi atau golongannya saja.

Kabupaten Bojonegoro dengan predikat sebagai penghasil migas (minyak dan gas bumi) dengan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Bojonegoro terus meroket karena PAD (Pendapan Asli Daerah) dari perolehan hasil migas, sehingga perlu memiliki seorang bupati yang peduli terhadap rakyat sehingga mampu membangun daerahnya dengan mengarahkan pembangunan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga, Bojonegoro akan makin maju dan rakyatnya makin sejahtera. Semoga dan semoga…

Penulis adalah, Pemimpin redaksi: rakyatindependen.com

Loading...
SHARE