Home Kesehatan & Seksologi Sekda Bojonegoro Kukuhkan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Gayam

Sekda Bojonegoro Kukuhkan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Gayam

107
SHARE
Sekda Bojonegoro Soehadi Molejono saat mengukuhkan Forum komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) yakni Kecamatan Gayam, Purwosari dan Kecamatan Kalitidu, yang bertempat di Pendopo Kecamatan Gayam, Jumat (8/12/2017).
Loading...

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Deklarasi Pengukuhan Forum komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) yakni Kecamatan Gayam, Purwosari dan Kecamatan Kalitidu, digelar di Pendopo Kecamatan Gayam, Jumat (8/12/2017).

Acara dimulai dengan membacakan SK Forum komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dari Camat Camat Gayam, Purwosari dan Kalitidu, yang ketiganya berada di wilayah Kecamatan Bojonegoro, Jawa timur.

Dimana, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat itu, merupakan wadah untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mengsinkronkan dan mendisiplinkab prioritas perencanaan antar desa/kelurahan satu dengan lainnya diwilayah Kecamatan yang dilakukan oleh masing masing kelompok kerja Desa Sehat. Anggota FKKS mulai dari LSM, PNS, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna, PKK, Kelompok Informasi Masyarakat, dan unsur unsur lainnya.

Sekda Bojonegoro Drs Soehadi Moeljono,MM secara simbolis mengukuhkan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat, seklaigus juga didapuk sebagai Pembina Forum Kabupaten Sehat, untuk masa bhakti FKKS 2017 hingga 2020 mendatang.

Camat Gayam Hartono dalam laporannya menyampaikan bahwa meski berlangsung sederhana namun tetap khidmat. Kecamatan sehat meliputi tatanan kesehatan lingkungan dan lain sebagainya salah satunya sehat dalam tatanan pemerintahan. Ke depan kerjasama antar wilayah agar ditingkatkan demi peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Perlu kami sampaikan bahwa Puskesmas Gayam yang barus saja di fungsikan. Sehingga, kami berharap pelayanan kesehatan makin ditingkatkan dengan keberadaan Puskesamas yang baru ini. Sehingga Puskesmas Gayam ke depan bisa meningkat menjadi rumah sakit tipe D,” katanya berharap.

Ketua FKS Bojonegoro, Fatkhur Mu’in menyampaikan bahwa dengan deklarasi ini adalah Bojonegoro harus menjadi Kabupaten Sehat sebagaimana SKB Menteri Kesehatan dan Mendagri. Sehat mencakup banyak hal tak hanya fisik, namun ada 9 tatanan, yakni sehat kawasan pemukiman, kawasan lalulintas, tatanan pertambangan sehat, tatanan hutan sehat , tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Sementara itu Sekretaris Daerah Bojonegoro Drs Soehadi Moeljono,MM, dalam kata sambutanya menyampaikan pengukuhan FKKS di tiga kecamatan yakni Gayam, Kalitidu dan Purwosari. Kepada tiga kecamatan tersebut, Sekda mengucapkan selamat bertugas dan berkarya bagi para pelaku forum komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS).

“Tugas pemerintah adalah melibatkan semua komponen, baik tokoh pemuda dan masyarakat serta pengusaha. Sehingga pelayanan pemerintah dapat mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas yang harus didukung oleh kualitas SDM pelaku kesehatan,” tegas Sekretaris Daerah Bojonegoro Drs Soehadi Moeljono,MM, Jum’at (8/12/2017).

Ditambahkan, sebagai petugas kesehatan harus mampu melayani dengan baik dan dengan hati. Sehingga palayanan akan makin berkualitas untuk menuju perbaikan manajemen yang di dalamnya adalah sarana dan prasarana yang ada.

Dalam kesempatan itu, Sekda berkenan menyempatkan diri untuk melihat pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Gayam. Ke depan Puskesmas Gayam akan ditingkatkan menjadi Puskesmas rawat inap yang selanjutnya bisa menjadi Rumah Sakit Type D. **(Yan/Red).

Loading...
SHARE