Home Sambang Desa Kuswiyanto Upayakan Bojonegoro Jadi Daerah Penghasil Kacang Tanah Terbesar

Kuswiyanto Upayakan Bojonegoro Jadi Daerah Penghasil Kacang Tanah Terbesar

136
SHARE
Anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, saat memberikan sambutan di acara tanam raya perdana kacang tanah dan jagung, yang digelar di BKPH Dander, KPH Bojonegoro, Selasa (31/10/2017).
Loading...

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Tanggung jawab sebagai wakil rakyat yang duduk di Komisi VIII DPR RI membuat Drs H. Kuswiyanto,M.Si, selalu memikirkan bagaimana masyarakat di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, bisa diberdayakan sehingga makin sejahtera.

Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk dengan melakukan terobosan untuk membuat wilayah Kabupaten Bojonegoro menjadi daerah penghasil kacang tanah. Hal itu, direalisasikan dengan kegiatan tanam raya perdana kacang tanah dan jagung di wilayah KPH Bojonegoro.

Tanam raya perdana kacang tanah, yang dilaksanakan di wilayah hutan BKPH Dander, yang berada di KPH Bojonegoro itu, merupakan langkah nyata untuk mewujudkan arus baru ekonomi Indonesia. Dimana, kegiatan dilaksanakan dengan kerjasama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, dengan Perum Perhutani, Garuda Foods, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan Kelompok tani yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, kepada para awak media mengatakan, bahwa kegiatan tanam raya perdana kacang tanah dan jagung merupakan upayanya untuk memberdayakan petani di Bojonegoro sehingga petani mendapatkan hasil dari tanam kacang dan jagung yang difokuskan di wilayah sekitar hutan sehingga petani akan makin sejahtera.

“Ini sebuah langkah nyata untuk membantu petani di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Dimana, petani di Bojonegoro rata-rata hanya memiliki lahan kurang dari setengah hektar sehingga petani Bojonegoro selalu dalam kondisi kekurangan secara ekonomi karena hasil panennya tak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya atau tak memadai,” tegas anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, Selasa (31/10/2017).

Anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, saat menyaksikan penanda tanganan MoU kerjasama penanam kacah tanah di acara tanam raya perdana kacang tanah dan jagung, yang digelar di BKPH Dander, KPH Bojonegoro, Selasa (31/10/2017).

Masih menurut Kang Kuswiyanto, demikian, anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, akrab disapa – menambahkan, dengan menggarap lahan hutan yang akan ditanami kacang atau jagung, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani yang ada di wilayah Bojonegoro ini.

“Kami berupaya untuk menjadikan Bojonegoro menjadi daerah penghasil kacang tanah terbesar yang bekejasama dengan Garuda Foods dan Perum Perhutani KPH Bojonegoro,” ujarnya.

Kang Kuswiyanto yang dikenal sahabat Kang Yoto – sapaan akrab, Bupati Bojonegoro Suyoto itu – menuturkan, jika kegiatan yang laksanakan itu, merupakan kegiatan kerjasama dengan MUI Pusat yang ditangani oleh Ketua bidang ekonomi MUI yaitu Lukmanul Khakim dan juga didukung oleh Ketua Komisi Ekonomi Ummat Azrul Tanjung.

Dalam kerjasama penanaman kacang tanah, yang telah dilakukan kerjasama dengan pihak Garuda Foods. Sebuah kerjasama saling menguntungkan antara petani dengan pihak Garuda foods. Petani memperoleh bibit dari Garuda Foods dengan memperoleh pendampingan dalam perawatan hingga panen. Hasil panen nantinya juga dibeli oleh Garuda Foods dengan harga pasaran.

Sementara itu, CEO Garuda foods Sudamex AWS, dalam kata sambutanya mengatakan, pihaknya menyatakan siap bekerjasama dengan petani LMDH dan Kelompok tani di Kabupaten Bojonegoro untuk penanaman kacang tanah. Menurutnya, sudah saatnya Bojonegoro menjadi daerah penghasil kacang tanah terbesar di Indonesia.

Anggota DPR RI Komisi VIII Drs H Kuswiyanto,M.Si, saat melakukan penanaman kacang tanah secara simbolis di lahan BKPH Dander, di acara tanam raya perdana kacang tanah dan jagung, yang digelar di BKPH Dander, KPH Bojonegoro, Selasa (31/10/2017).

“Garuda Foods siap bejerjasama dengan KPH Bojonegoro yang memiliki lahan hutan, dengan LMDH, Kelompok tani sebagai mitra dan pihak Pemkab Bojonegoro dan adanya perbankkan yang siap membantu memberikan pinjaman modal bagi petani, untuk penanaman kacang tanah di Kabupaten Bojonegoro ini,” ungkap CEO Garuda foods Sudamex AWS, Selasa (31/10/2017).

Ditambahkannya, untuk kerjasama penanam kacang tanah pihak Garuda Foods membutuhkan lahan 16 ribu hektar. Kalau di Bojonegoro mencukupi lahan tersebut malah semakin bagus sehingga produksi Kacang Garuda dapat tercukupi dari dalam negeri sehingga Garuda Foods tak import lagi.

“Yang pasti, dalam kerjasama itu, dibutuhkan saling percaya, saling menguntngkan, saling membangun dan saling menguatkan. Yang lebih penting lagi adalah kerjasama itu sama-sama saling membutuhkan,” ujar Sudamex serius.

Ketua MUI Pusat Prof Dr KH Ma’ruf Amin dalam kata sambutanya mengatakan bahwa, kegiatan yang sedang berlangsung ini merupakan arus baru ekonomi Indonesia atau yang disebut ekonomi ummat. Dimana, pembangunan ekonomi harus dimulai dari bawah yaitu dari pemberdayaan terhadap petani sehingga kesejahteraan bisa cepat tercapai.

“90 persen bangsa ini merupakan ummat, yang harus diberdayakan sehingga ekonomi rakyat akan makin maju dan rakyat makin sejahtera. Jika rakyat sejahtera maka negara ini akan aman dan makin kokoh berdiri dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegas Ketua MUI Pusat Prof Dr KH Ma’ruf Amin, Selasa (31/10/2017).
Masih menurut KH Ma’ruf Amin, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi kesenjangan antara masyarakat miskin dengan yang kaya. Jika petani yang merupakan ummat itu diberdayakan dengan mampu meningkatkan ekonominya maka kesnejangan itu akan terhapus dengan sendirinya.

Dalam kegiatan tersebut, ada sambutan Bupati Bojonegoro yang diwakili oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro Basuki, sambutan dari Kepala staf Kepresidenan Teten Masduki, Ketua MUI KH Prof Dr Ma’ruf Amin, Ketua Perhutani Regional Jatim yang disampaikan oleh Sangadi Muhammad. Hadir juga, ADM Perhutani KPH Bojonegoro Daniel B Cahyono, para Ketua LMDH dan Kelompok tani serta undangan lainnya. **(Kis/Red).

Loading...
SHARE