Home Sosial & Budaya Dishub dan Polres Bojonegoro Bagi-bagi 300 Life Jacket, Secara Gratis

Dishub dan Polres Bojonegoro Bagi-bagi 300 Life Jacket, Secara Gratis

63
SHARE
Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi, bersama Kasat Sabhara AKP Syabain Rahmad, saat membagikan pelampung kepada pengemudi perahu tradisonal di Bengawan solo yang melintasi Bojonegoro itu, Rabu (27/12/2017).
Loading...

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro bekerja sama dengan Polres Bojonegoro, di penghujung tahun 2017 ini memberikan perhatian terhadap transportasi air yaitu pengemudi perahu yang ada di penyeberangan sungai Bengawan Solo, yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Perhatian itu diberikan dengan membagi-bagikan Life Jacket atau Pelampung secara gratis kepada para pengemudi perahu dari wilayah Bendungan gerak turut Desa Padang, Kecamatan Trucuk hingga Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Ada 300 pelampung yang dibagikan secara langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs Iskandar,M.Si bersama Kasat Sabhara AKP Syabain Rahmad, Rabu (27/12/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi, yang turun langsung mendatangi pengemudi perahu bersama Kasat Sabhara Polres Bojonegoro dan anggota, di TBS (Tambangan Bengawan Solo) kota Bojonegoro mengatakan bahwa, kegiatan itu untuk mensosialisasikan keselamatan angkutan sungai kepada pengemudi perahu.

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi bersama Kasat Sabhara AKP Syabain Rahmad saat membagikan peampung juga mengajarkan cara memakai pelampung yang baik dan benar kepada pengemudi perahu tradisonal itu. Dengan harapan, agar mereka bisa terbiasa menggunakan peralatan pengaman tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Drs. Iskandar MSi, bersama Kasat Sabhara AKP Syabain Rahmad, berfoto bersama dengan pengemudi perahu tradisonal usai membagikan pelampung kepada pengemudi perahu tradisonal di Bengawan solo yang melintasi Bojonegoro itu, Rabu (27/12/2017).

“Pelampung yang kita bagi-bagikan ini, agar selalu dipakai saat anda beroperasi, jangan hanya ditaruh di perahu apalagi ditinggal di rumah. Tapi, selalu dipakai saat bekerja menyeberangkan penumpang menyeberangi sungai Bengawan Solo itu,” kata Kadishub Bojonegoro Drs Iskandar,M.Si, saat memberikan pelampung kepada pengemudi perahu itu.

Dalam Kesempatan yang sama, Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, AKP Syabain Rahmad, juga memberikan wejangan kepada para pengemudi perahu tradisional tersebut. Disampaikan, agar para pengemudi senantiasa menjaga keselamatan dirinya sendiri dan juga penumpang yang diantarkannya itu. Pihaknya juga menghimbau kepada para pengemudi perahu agar lebih peduli dan memperhatikan jumlah penumpang yang naik perahu tersebut.

“Perhatikan jumlah penumpang atau kapasitas perahu. Kalau misalnya, perahu hanya muat 10 orang ya jangan dipaksa untuk muat lebih dari 10 orang biar tidak terjadi musibah perahu terbalik hingga mengakibatkan kecelakaan transportasi air tersebut,” tegas Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, AKP Syabain Rahmad.

Ditambahkannya, yang paling penting ada perhatikan setiap penumpang. Jika ada penumpang yang mencurigakan, harap segera lapor kepada pihak kepolisian. Agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, kepada para awak media menyatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan itu merupakan kerja sama antara Polres dengan Dishub Bojonegoro. Salah satu tujuanya adalah, untuk mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran para pengemudi perahu. Sehingga dapat meminimalisir korban tenggelam apabila terjadi kecelakaan dalam penyeberangan akibat penumpang tidak bisa berenang.

“Kegiatan itu dilakukan karena banyak pengemudi perahu mengabaikan prosedur keselamatan. Sehingga ke depan dengan pembagian pelampung itu, maka pengemudi kita harapkan lebih sadar akan keselamatan pribadi maupun penumpangnya,” kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro,SH,SIK,M.Si, serius. **(Kis/Red).

Loading...
SHARE