Home Kesehatan & Seksologi Desa Gading, Tambakrejo, Berhasil Kantongi Predikat Sebagai Desa ODF yang Ke-239

Desa Gading, Tambakrejo, Berhasil Kantongi Predikat Sebagai Desa ODF yang Ke-239

201
SHARE
Tim Verifikasi ODF yang dipimpin Fatkhur Rozi yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Bidang Kesehatan Lingkungan itu, sedang melakukan verifkasi langsung datang ke rumah-rumah warga untuk melakukan pengecekan WC milik warga Desa Gading, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum'at (4/8/2017).
Loading...

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro telah melakukan verifikasi ODF (Open Defecation Free) di 2 (dua) Desa di wilayah Kecamatan Tambakrejo, yakni di Desa Dolokgede dan Desa Gading, yang keduannya berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (4/8/2017). Verifikasi dilaksanakan sekira pukul 09:00 hingga selesai.

Untuk verifikasi ODF di Desa Gading misalnya, kegiatannya diawali dengan pertemuan yang digelar di Balai desa Gading yang berada di Jalur Tinggang – Taji itu, dihadiri tim verifikasi dari Dinas kesehatan Kabupaten Bojonegoro yang dipimpin oleh Fatkhur Rozi beserta rombongan. Tim Verifikasi juga langsung mendatangi rumah-rumah warga dengan melihat secara langsung WC nya.

Hadir sebagai tuan rumah Kepala Desa Gading Rudik dan perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Kapolsek Tambakrejo AKP Mohtarom beserta anggotanya, Camat Tambakrejo Sukemi yang diwakili Anang Setyo Budi serta undangan lainya.

Foto bersama, Tim Verifikasi ODF Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro dipimpin Fatkhur Rozi bersama Kepala desa Gading Rudik usai melakukan verifikasi ODF di Desa Gading, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (4/8/2017).

Dalam kata sambutanya, Fatkhur Rozi yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Bidang Kesehatan Lingkungan itu mengatakan, bahwa setiap rumah di Desa Gading ini diharapkan memiliki WC, agar warga tak buang hajat di sembarang tempat.

“Dengan memiliki WC sendiri-sendiri dan tak buang hajat di sembarang tempat maka bisa membuat warga Desa Gading bisa menjalani hidup sehat. Dengan hasil verifikasi ini maka Desa Gading telah dinyatakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menjadi desa ODF yang ke-239 dan Dologgede ODF ke-240, dari 419 desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini,” tegas Kabid Kesehatan Lingkungan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, saat melakukan verifikasi di Desa Gading, Jum’at (4/8/2017).

Kepala Puskesmas Tambakrejo Dr. Suhasta Nova turut urun rembug dan mengatakan, bahwa atas nama Puskesmas Tambakrejo yang dipimpinnya, dia menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Kepala desa Gading beserta perangkat desa, Kader Kesehatan dan seluruh warga desa Gading, yang telah bekerja sama dengan baik hingga desa memperoleh predikat sebagai desa ODF.

Sementara itu, Bidan desa Gading Titik Setya Rini menyampaikan, jika sudah menjadi desa ODF maka warga Gading ke depan akan semakin sehat. Untuk meeujudkan Desa Gading mewujudkan Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC).

“Alhamdulillah, akhirnya desa Gading dinyatakan menjadi desa ODF di Kabupaten Bojonegoro. Dengan kerja keras pemerintah desa dan dukungan tokoh masyarakat dan kesadaran masyarakat, hingga membawa Desa Gading mampu mensejajarkan dirinya dengan desa-desa lain yang sudah menjadi desa ODF sebelumnya,” kata Kades Gading Rudik, bangga.

Ditambahkannya, atas nama pemerintah desa Gading dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas terealaisasinya Desa Gading menjadi desa ODF yang ke-239 dari 419 desa dan 11 kelurahan Se-Kabupaten Bojonegoro itu.

“Dengan predikat desa ODF diharapkan program GDSC (Gerakan Desa Sehat dan Cerdas) di Desa Gading ini, bakal segera terealisasi dengan baik,” katanya dengan penuh harap. **(Yan/Red).

Loading...
SHARE